AMI HANIFAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Ami Hanifah, (2023): Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan metode Mind Mapping dengan metode Ceramah di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 432 siswa muslim, sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan (independent-samples t test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara penerapan metode Mind Mapping dengan metode Ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru dengan hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% (3,975 > 2,01) nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 75 lebih besar dari kelas kontrol sebesar 61,17. Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 23:41 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 23:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75894 |
Actions (login required)
View Item |