Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TIPE AUTHENTIC INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL QUR’AN

CHINTYA AISYIYAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TIPE AUTHENTIC INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL QUR’AN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Chintya Aisyiyah, (2023) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning tipe Authentic Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan proses pembelajaran yang dilakukan guru masih didominasi oleh metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning tipe Authentic Instruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur‟an. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test (Independent-Samples t-Test). Hasil belajar siswa dengan hasil perhitungan uji-t, nilai thitung > ttabel (6,564 > 2,069). Perhitungan nilai sig (2-tailed) (0,000 < 0,05), maka Ha diterima Ho ditolak. Kesimpulannya, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning tipe Authentic Instruction dengan metode ceramah pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur‟an. Hasil Mean skor kelas eksperimen 79,64 lebih tinggi dari kelas kontrol 61,28. Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning tipe Authentic Instruction, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:57
Last Modified: 27 Jul 2023 01:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75082

Actions (login required)

View Item View Item