Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERFORMA PUYUH PETELUR FASE GROWER YANG DIBERI PROBIOTIK CAIRAN SILASE KULIT NANAS MELALUI AIR MINUM DENGAN LEVEL BERBEDA

MUHAMMAD IQBAL, - (2023) PERFORMA PUYUH PETELUR FASE GROWER YANG DIBERI PROBIOTIK CAIRAN SILASE KULIT NANAS MELALUI AIR MINUM DENGAN LEVEL BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Burung puyuh merupakan ternak yang mulai digemari dan ternak yang menghasilkan protein hewani seperti daging dan telur. Kulit nanas memiliki kandungan air dan karbohidrat tinggi yang dapat menjadi substrat yang baik bagi pertumbuhan mikroba sehingga kulit nanas ini dapat dibuat menjadi probiotik melalui fermentasi. Probiotik ini bertujuan untuk memperbaiki kesehatan dan perkembangan mikroba dalam saluran pencernaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik silase kulit nanas terhadap performa produksi puyuh petelur fase grower yang meliputi konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konsumsi air minum dan konversi ransum. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2022 dikandang puyuh petelur UIN (Agriculture Research Development Station) Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini terdiri dari 5 perlakuan dengan 4 ulangan yaitu P0 (Air Minum), P1 (0,5% Probiotik Komersial), P2 (1% Cairan Silase Kulit Nanas), P3 (2% Cairan Silase Kulit Nanas), P4 (3% Cairan Silase Kulit Nanas). Parameter yang diamati yaitu konsumsi ransum, pertambahan bobot badan betina, pertambahan bobot badan jantan, konsumsi air minum, konversi ransum betina dan konversi ransum jantan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemberian cairan silase kulit nanas dengan level yang berbeda tidak memberikan pengaruh nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum (20,35-21,27 gram), pertambahan bobot badan betina (3,80-4,15 gram), pertambahan bobot badan jantan (3,18-3,32 gram), konsumsi air minum (73,47-77,68 ml), konversi ransum betina (4,91 – 5,55) dan konversi ransum jantan (6,22-6,70). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian probiotik cairan silase kulit nanas dicampur dengan air sampai dengan 3% dapat mempertahankan performa produksi puyuh petelur fase grower meliputi konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konsumsi air minum dan konversi ransum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 22 Jul 2023 03:51
Last Modified: 22 Jul 2023 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74166

Actions (login required)

View Item View Item