Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs SWASTA SULTAN SYARIF KASIM KABUPATEN SIAK

IDA FITRIYANI, - (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs SWASTA SULTAN SYARIF KASIM KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV IDA FITRIYANI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV IDA FITRIYANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)

Abstract

ABSTRAK Ida Fitriyani (2023) : Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Swasta Sultan Syarif Kasim Kabupaten Siak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dalam kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan metode pembelajaran mind mapping dengan yang menggunakan metode pembelajaran lain di MTs Swasta Sultan Syarif Kasim Kabupaten Siak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS karena guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran dan cenderung menyampaikan materi IPS hanya dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Swasta Sultan Syarif Kasim Kabupaten Siak yang berjumlah 69 orang. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 37 orang, yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan penarikan sampel menggunakan teknik porposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS antara yang menggunakan metode pembelajaran mind mapping dengan yang menggunakan metode pembelajaran lain di MTs Swasta Sultan Syarif Kasim Kabupaten Siak, hal ini dengan dilandasi t_hitung lebih besar dari t_tabel (2,108>1,689) dan nilai signifikasi sebesar 0.235 sehingga kreteria nilai tergolong rendah. Kata Kunci : Mind Mapping, Kreativitas Belajar Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:09
Last Modified: 20 Jul 2023 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73791

Actions (login required)

View Item View Item