Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODUL AKUNTANSI DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR

HAIRUL AMIN, - (2023) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODUL AKUNTANSI DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lengkap Kecuali BAB IV (Hasil Penelitian).pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (Hasil Penelitian).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk melihat efektifitas penggunaan modul akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek adalah siswa dan guru mata pelajaran ekonomi. Objek dalam penelitian ini adalah efektifitas penggunaan modul akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan.Informan penelitian ini yaitu siswa dan guru mata pelajaran ekonomi. Informan siswa yaitu siswa kelas XII IPS yang telah menggunakan dan memanfaatkan modul akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan dengan mengambil informan di 2 kelas yaitu Kelas XII IPS 1 dan XI IPS 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis diperoleh bahwa efektifitas penggunaan modul akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur mampu berjalan secara efektif. Hasil ini diperoleh berdasarkan tanggapan siswa terhadap indikator penggunaan modul akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan secara keseluruhan yang mencapai 75,17% yang terletak pada interval 61%-80%. Dari 6 indikator pengukuran efektifitas efektifitas penggunaan modul akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan didapatkan hasil bahwa yang memliiki persentase tertinggi yaitu pada indikator guru secara aktif terlibat dalam pemberian arahan dan tuntunan dengan nilai persentase 79,38% dengan kategori efektif sedangkan yang terendah yaitu pada indikator orientasi pembelajaran modul akuntansi berfokus pada penguasaan isi pelajaran dan pengembangan keterampilan berfikir dengan nilai persentase 69,74% yang juga tergolong dalam kategori efekti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:04
Last Modified: 18 Jul 2023 08:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73767

Actions (login required)

View Item View Item