Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TANGGUNG JAWAB PENGUSAHA JASA LAUNDRY MENURUT UNDANG UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

Iman Adri Fitrian (2015) TANGGUNG JAWAB PENGUSAHA JASA LAUNDRY MENURUT UNDANG UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Laundry merupakan salah satu usaha jasa yang bergerak di bidang cuci mencuci serta penyetrikaan pakaian. Pelaksanaan dan banyak permasalahan yang muncul dalam menjalankan usahanya yang berakhir pada konsumen, adapun yang banyak terjadi pelanggaran hak-hak konsumen, diantaranya tidak sesuainya waktu yang disepakati, hasil kebersihan kerusakan dan kehilangan serta sampai tertukarnya pakaian. Adapun penelitian ini dimaksud untuk menjawab 3 (tiga) permaslahan pokok yaitu hubungan hukum antara konsumen dengan pelaku usaha jasa laundry, pertanggungjawaban jasa usaha laundry terhadap dan upaya yang dapat dilakukan oleh pengguna jasa usaha laundry tersebut. Penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis empiris, dengan objek penelitian adalah analisis yuridis terhadap pelaksanaan perlindungan konsumen pengguna jasa usaha laundry di kelurahan tuah karya kecamatan tampan pekanbaru, data perimer berupa wawancara, data sekunder berupa tinjauan kepustaka dan buku, penarikan kesimpulan dengan induktif/deduktif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah : pertama pihak konsumen: bagi konsumen yang terpenting adalah tanggungjawab pengusah jasa laundry benar- benar sesuai dengan kepuasan mereka memberikan hak konsumen sesuai dengan kewajiban pelaku usaha, Kedua pihak pelaku usaha: memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada konsumennya serta bertanggungjawab penuh terhadap kerugian konsumen. Dalam penelitian ini penulis menemukan beberapa masalah kerugian yang di alami oleh konsumen antara lain: Waktu yang disepakati atau keterlambatan proses, Hasil kebersihan pakaian, Kerusakan pakaian dan Kehilangan Pakaian,Pakaian yang tertukar. Pertanggungjawaban Pemilik Usaha Jasa Laundry terhadap Konsumen belum berjalan sesuai dengan undang-undang perlindungan konsumen no 8 tahun 1999. Segala tanggung jawab yagn dilakukan oleh Pemilik usaha masih jauh dari kata puas oleh pengguna usaha jasa laundry (Konsumen). Upaya yang dapa dilakukan oleh Konsumen, dapat disimpulakan dari upaya yang dilakukan Konsumen masih dalam bentuk prostes dan tuntutan kepada pelaku usaha yang belum bisa memberikan hak yang penuh terhadap konsumen pengguna jasa usaha laundry, belum ada yang berani melaporkan kasus-kasus ini kepada lembaga atau badan-badan atau yayasan yang bertugas sebagai pelindung dalam sengketa antara konsumen dan pemilik usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 09 Sep 2016 17:05
Last Modified: 09 Sep 2016 17:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7114

Actions (login required)

View Item View Item