Chyntia Zupita (2015) KEBIJAKAN PEMASARAN BMT-UGT SIDOGIRI CABANG PEKANBARU DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MENURUT KONSEP PEMASARAN SYARI’AH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Kebijakan Pemasaran BMT UGT Sidogiri Cabang Pekanbaru Dalam Mengembangkan Usaha Menurut Konsep Pemasaran Syariah”. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pencapaian positif BMT UGT Sidogiri secara nasional maupun cabang Pekanbaru dari sisi pertumbuhan, perkembangan jaringan kantor, usaha dan lain-lain. BMT UGT Sidogiri yang notabene lembaga keuangan mikro berbasis syariah ini telah berhasil meraih banyak penghargaan tentang perkoperasian di tengah buruknya catatan beberapa koperasi besar di Indonesia dengan berbagai kasus. Keberhasilan ini tidak terlepas dari beberapa faktor pendukung, yang salah satunya adalah kebijakan pemasaran yang diambil dalam rangka mengembangkan usaha. Adapun permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana kebijakan pemasaran yang diterapkan oleh BMT-UGT Sidogiri Cabang Pekanbaru dalam mengembangkan usaha dan bagaimana kebijakan pemasaran yang diterapkan oleh BMT-UGT Sidogiri Cabang Pekanbaru dalam mengembangkan usaha tersebut menurut konsep pemasaran syari’ah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pada BMT UGT Sidogiri cabang Pekanbaru yang beralamat di Jalan Delima 17 Komplek Ruko Rindu Serumpun III Arengka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pemasaran yang diterapkan oleh BMT-UGT Sidogiri Cabang Pekanbaru dalam mengembangkan usaha dan mengetahui kebijakan pemasaran yang diterapkan oleh BMT-UGT Sidogiri cabang Pekanbaru dalam mengembangkan usaha tersebut menurut konsep pemasaran syari’ah. Key informan penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang, yaitu : kepala cabang 1 (satu) orang, wakil kepala cabang 1 (satu) orang, teller /kasir 1 (satu) orang, dan account officer 2 (dua) orang. Sumber datanya adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi naskah. Kemudian data dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa BMT UGT Sidogiri cabang Pekanbaru telah mengeluarkan kebijakan pemasaran dalam mengembangkan usaha di kota Pekanbaru yang terdiri dari kegiatan : melakukan segmentasi pasar, menetapkan positioning perusahaan, menentukan pasar sasaran, merancang seperangkat perbedaan perusahaan dari sisi penawaran dan infrastruktur, memaksimalkan peran bauran pemasaran, menetapkan strategi penjualan kreatif, membangun, mengembangkan dan menjaga entitas merek BMT UGT, memberikan pelayanan prima kepada konsumen, menciptakan proses yang bernilai tinggi dari sisi kualitas, biaya dan mobilisasi produk. Kebijakan tersebut dikeluarkan untuk menunjang pengembangan usaha BMT UGT Sidogiri serta menunjukkan tanggungjawab sebagai lembaga keuangan mikro syariah yang profesional, peduli kepada sektor mikro, dapat dipercaya, serta menjalankan usaha dengan dasar etika dan prinsip-prinsip syariah dan bukan untuk tujuan yang dilarang syariah. Dengan demikian, kebijakan pemasaran BMT UGT Sidogiri cabang Pekanbaru dalam mengembangkan usaha tersebut sudah sesuai dengan konsep pemasaran syariah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 15:54 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 15:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7042 |
Actions (login required)
View Item |