Tri Dilfan Zahendra (2015) PERSAINGAN MINIMARKET INDOMARET DAN MINIMARKET ALFAMART MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM STUDI DI KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU (ANALISIS PERBANDINGAN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (115kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul: “Persaingan Minimarket Indomaret dan Minimarket Alfamart Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai persaingan usaha dua minimarket yaitu minimarket Indomaret dan minimarket Alfamart. Letak lokasi kedua minimarket ini selalu berdekatan, terutama di daerah Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Di Kelurahan ini mudah dijumpai keberadaan minimarket Indomaret dan juga minimarket Alfamart yang lokasi keduanya berdekatan. Inilah alasan mengapa penulis memilih Kelurahan Tuah Karya sebagai lokasi penelitian. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu, bagaimana strategi bersaing yang digunakan oleh minimarket Indomaret dan juga minimarket Alfamart, dan mengapa lokasi gerai minimarket ini selalu berdekatan. Dan juga bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap persaingan kedua minimarket yang sudah berskala nasional tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 8 gerai Indomaret dan 6 gerai minimarket Alfamart yang berada di Kelurahan Tuah Karya. Mengingat jumlah populasinya sangat terbatas maka semua populasi dijadikan sampel dengan menggunakan tehnik total sampling. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis komparatif. Setelah melakukan penelitian dengan mengumpulkan data dan menganalisa data penulis dapat menyimpulkan bahwa strategi bersaing yang digunakan oleh minimarket Indomaret dan minimarket Alfamart secara keseluruhan memiliki kesamaan. Keduanya sama-sama melakukan strategi dan inovasi bisnis yang hampir serupa. Namun dari segi pelayanan, terdapat kekurangan dari minimarket Alfamart. Dan hal ini menjadi keunggulan bagi minimarket Indomaret karena memiliki pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan minimarket Alfamart Lokasi minimarket yang selalu berdekatan ini disebabkan karena kedua minimarket ini ingin menguasai pasar secara luas. Disamping itu terdapat pernyataan dari direksi marketing dari Minimarket Indomaret yang menyatakan bahwa Alfamart secara keseluruhan meniru strategi bisnis yang dilakukan Indomaret. Berdasarkan tinjauan ekonomi Islamnya, dua minimarket ini belum sepenuhnya sesuai dengan ekonomi Islam baik dari segi promosi, maupun produk. Namun dari segi pelayanan, minimarket Indomaret melakukan pelayanan yang baik sehingga dapat dikatakan telah sesuai dengan ekonomi Islam. Namun tidak demikian dengan minimarket Alfamart.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 09:07 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 09:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7033 |
Actions (login required)
View Item |