Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN DAN PENJUALAN USAHA BOLU BERENDAM DI KECAMATAN RENGAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Ismianti (2015) PENGEMBANGAN DAN PENJUALAN USAHA BOLU BERENDAM DI KECAMATAN RENGAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul : “PENGEMBANGAN DAN PENJUALAN USAHA BOLU BERENDAM DI KECAMATAN RENGAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM”. Latar belakang penulis mengambil judul ini adalah karena usaha bolu berendam merupakan usaha musiman yang hanya pada saat tertentu seperti pada saat lebaran. Mempunyai keunikan tersendiri, dalam pertumbuhan atau perkembangan makanan-makanan tradisional, tetap bertahan dan mampu bersaing. Dari latar belakang di atas permasalahan yang diteliti adalah bagaimana pelaksanaan pengembangan dan penjualan usaha bolu berendam di Kecamatan Rengat, apa saja faktor pendukung dan faktor pengambat usaha bolu berendam di Kecamatan Rengat dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam tentang pengembangan dan penjualan usaha bolu berendam di Kecamatan Rengat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di dua desa yaitu Desa Kampung Pulau dan Desa Kampung Besar Seberang. Subjek dalam penelitian ini adalah pengusaha bolu berendam sedangkan objek adalah pengembangan dan penjualan bolu berendam. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 dan sample berjumlah 11. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah observasi, wawancara, angket, dan studi kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari pengusaha bolu berendam dan data sekunder yang diperoleh dari buku-buku ataupun referensi lainnya yang memiliki relevansi dengan pembahasan yang penulis teliti pada saat ini. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Setelah penelitian ini dilakukan, dapat diketahui bahwa pengembangan dan penjualan usaha bolu berendam dengan cara mengoptimalkan dan menjaga kualitas bahan baku, penetapan ukuran dan bentuk, rasa, dan warna yang berebeda dengan usaha yang sejenis (pesaing). Faktor pendukung pengembangan dan penjualan usaha bolu berendam adalah keterampilan dan pengetahuan. Kemudahan dalam memperoleh bahan baku serta kemudahan dalam memperoleh tenaga kerja. Keterampilan yang diwarisi nenek moyang mereka. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya modal. Seiring dengan penambahan nilai pada produk selalu diikuti penambahan biaya, peralatan, dan perlengkapan produksi. Pemasaran yang sempit yang hanya dipasarkan dilokal. Bolu berendam di produksi tidak tahan lama, dan pengembangan dalam usaha.. Menurut Ekonomi Islam pengembangan dan penjualan usaha bolu berendam tidak bertentangan dengan Ekonomi Islam Karena pemasaran yang dilakukan dengan mendistribusikan barang langsung dari produsen kepada konsumen. Praktek yang dilkukan sangat sederhana yaitu harga diterima setelah barang diserahkan. bahan baku tersebut dari bahan yang berkualitas dan halal, ukuran, rasa, dan warna pada umumnya sesuai tuntunan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Sep 2016 13:51
Last Modified: 07 Sep 2016 13:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7010

Actions (login required)

View Item View Item