Dwi Rio Sudarroji (2015) HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DAN OPTIMISME DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (50kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (28kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dan optimisme berpengaruh dengan prestasi akademik mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SUSKA RIAU semester I sampai dengan VI dengan status aktif kuliah sebanyak 295 mahasiswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini untuk variabel prestasi akademik menggunakan nilai indek prestasi mahasiswa, untuk variabel self-efficacy menggunakan skala General Self-Efficacy (GSE) oleh Schwarzer dan Jerusalem (1995) dan untuk variabel optimisme menggunakan skala Life Orientation Test Revised (LOT-R) oleh Scheier, Carver, & Bridges (1994). Analisis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Ganda (Multiple Regretion) dengan menggunakan bantuan komputerisasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 17 for Windows. Hasil analisis data penelitian menunjukkan F (2,292) = 118.813 dan diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,00. Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara bersama-sama self-efficacy dan optimisme dapat memprediksi prestasi akademik. Dengan nilai adjusted R2 sebesar 0,445, artinya prestasi akademik mampu dijelaskan dengan self-efficacy dan optimisme sebesar 44,5%. Kata Kunci:Prestasi Akademik, Self-Efficacy Dan Optimisme
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 07:38 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6961 |
Actions (login required)
View Item |