Nur Nazifah (2015) PENGARUH MEREK (BRAND) SYARI’AH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BANK BRI SYARIAH CABANG PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.ok.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.ok.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.ok.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.ok.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
|
Text
BAB V.ok.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul: “Pengaruh Merek (Brand) Syariah Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Islam”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah asumsi bahwa dengan mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam akan mampu memberikan potensi yang besar kepada bank-bank yang bermerek syariah. Hal ini dibuktikan oleh posisi PT. Bank BRI Syariah yang menempati urutan ke-3 bank syariah terbesar di Indonesia berdasarkan asset PT. Bank BRI Syariah yang tumbuh dengan pesat baik dari sisi asset, jumlah pembiayaan dan perolehan dana pihak ketiga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara merek syariah terhadap loyalitas nasabah dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap penggunaan merek syariah dalam meningkatkan loyalitas nasabah. Penelitian ini dilakukan di Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru Jl. Arifin Ahmad No. 7-9 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru periode 2013. Sedangkan sampel ditentukan dengan menggunakan metode Accidental Sampling sebanyak 100 orang. Dalam melakukan penelitian ini dipakai metode kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan mengajukan kuesioner kepada nasabah di Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sedang antara variabel merek syariah terhadap loyalitas nasabah pada Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi sebesar 0,560. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas dikatakan datanya valid dan instrumennya reliabel. Dari hasil analisis regresi sederhana diketahui bahwa 31,3% loyalitas nasabah Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru dipengaruhi oleh merek syariah. Selanjutnya menggunakan uji t, maka hipotesis yang didapat ialah terdapat pengaruh yang signifikan antara merek syariah terhadap loyalitas nasabah. Kesimpulannya bahwa merek syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah di Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru. Menurut tinjauan ekonomi Islam, penggunaan merek syariah dalam meningkatkan loyalitas nasabah di Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru telah sesuai prinsip ekonomi Islam, karena Bank BRI Syariah telah mengaplikasikan nilai-nilai syariah dalam setiap aktivitas yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 04 Sep 2016 06:49 |
Last Modified: | 04 Sep 2016 06:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6950 |
Actions (login required)
View Item |