PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AR-RASYIDIN DESA BANTAN TENGAH KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS

Ariadi, (2014) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AR-RASYIDIN DESA BANTAN TENGAH KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rasyidin Desa Bantan Tengah Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Penulis tertarik melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rasyidin Desa Bantan Tengah Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX Madrasah Tsanawiyah Ar-Rasyidin yang berjumlah 42 orang siswa, berhubung dengan jumlah populasi yang tidak mencapai 100 orang maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi kepribadian guru sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalis dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru ialah cukup sedangkan hasil belajar siswa adalah sedang. Melalui uji korelasi product moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,545 pada taraf signifikan 5% (0,545 > 0,304) dan pada taraf signifikan 1% (0,545 > 0,393). Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rasyidin Desa Bantan Tengah Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada para guru untuk meningkatkan kompetensi kepribadian mereka sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Sep 2016 07:33
Last Modified: 03 Sep 2016 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6934

Actions (login required)

View Item View Item