Almaida (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN RESPON TERINCI DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SUNGAI PINANG KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (39kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui teknik pembelajaran respon terinci di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui teknik pembelajaran respon terinci dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran respon terinci untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi,tes dan dokumentasi. Berhasilnya penerapan teknik pembelajaran respon terinci pada mata pelajaran PKn, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Hal ini terlihat bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat dari 52,00% atau mencapai 9 orang siswa yang tuntas pada sebelum tindakan, sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 94,12% atau sekitar 16 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui teknik pembelajaran respon terinci dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 05:21 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 05:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6916 |
Actions (login required)
View Item |