Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH DENGAN MIND MAPPING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DWI SEJAHTERA PEKANBARU

Diah Ariyanti (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH DENGAN MIND MAPPING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DWI SEJAHTERA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dengan Mind Mapping terhadap aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas XI SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru dan dilatar belakangi oleh aktivitas belajar kimia siswa yang masih rendah pada tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MM sebagai kelas kontrol yang dipilih setelah dilakukan uji homogenitas. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes homogenitas, evaluasi, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dengan Mind Mapping. Adanya pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dengan Mind Mapping terhadap aktivitas belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon dapat dilihat melalui uji tes “t”. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,27 sedangkan pada taraf signifikan 5% ttabel = 2,06, nilai thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dengan Mind Mapping terhadap aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas XI SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Index Card Match, Mind Mapping, Aktivitas Belajar, Hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Sep 2016 04:16
Last Modified: 03 Sep 2016 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6890

Actions (login required)

View Item View Item