Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN HUMOR OLEH GURU TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA

Nuraini (2015) PENGARUH PEMBERIAN HUMOR OLEH GURU TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Guru sebagai pendidik dan pengajar di kelas harus memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. Dengan memperhatikan berbagai faktor yang menarik minat belajar siswa dapat membuat siswa tertarik dalam melakukan aktivitas belajar sehingga siswa tidak merasa bosan atau jenuh dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar diantaranya dengan menciptakan pembelajaran menyenangkan di kelas yaitu berupa pemberian humor di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian humor oleh guru terhadap minat belajar Bahasa Inggris pada siswa. Humor yang diberikan dalam penelitian ini adalah video stand up comedy dan cerita humor yang diberikan oleh guru saat pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA.3 dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Alat pengumpul data yang digunakan berupa skala minat belajar yang terdiri dari 20 aitem dengan nilai reliabilitas sebesar 0,899. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test. Penghitungan ini dilakukan dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan analisis data penghitungan gain-score pada kelompok eksperimen dan kontrol diperolah nilai t hitung sebesar 5,190 dengan taraf signifikansi p=0,000. Hasil penghitungan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara pemberian humor oleh guru terhadap minat belajar bahasa Inggris pada siswa. Kata Kunci: Pemberian Humor, Minat Belajar Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 03 Sep 2016 03:16
Last Modified: 03 Sep 2016 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6875

Actions (login required)

View Item View Item