Jauharur Rizki (2015) PELAKSANAAN KEMITRAAN PADA BIRO PERJALANAN IBADAH UMRAH DI PT. JP MADANIA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I(1).pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Kemitraan Pada Biro Perjalanan Ibadah Umrah Di PT. JP Madania Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Islam.” Persaingan bisnis bisa berarti persaingan memperebutkan konsumen. Pemenangnya bukan yang paling kuat atau yang paling besar, akan tetapi yang bisa memenangkan hati para konsumennya. Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini, pemasar perlu menyadari bahwa keputusan konsumen membeli barang atau menggunakan jasa tertentu didasarkan pada nilai-nilai, sikap dan persepsinya. Untuk melakukan pengembangan pasar PT. JP Madania Pekanbaru melakukan kerjasama dengan mitra yang berada disetiap Kota/Kabupaten yang berada di Provinsi Riau, termasuk di dalamnya membentuk mitra di Kabupaten Kuantan singingi. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk kerjasama PT. JP Madania Pekanbaru dengan mitra yang berada di Kabupaten Kuantan Singingi, apa saja kendala dan upaya mitra dalam mendapatkan calon jamaah umrah, dan bagaimana pelaksanaan kemitraan di PT. JP Madania dalam menarik calon jamaah umrah menurut perspektif ekonomi Islam. Populasi dari penelitian ini berjumlah 50 orang mitra yang berdomisili di Kabupaten Kuantan Singingi, dan 2 orang karyawan bagian pemasaran PT. JP Madania, serta 1 orang Pusat Informasi PT. JP Madania Pekanbaru. Namun karena pertimbangan waktu, tenaga, dan baiaya, maka penelitian ini mengambil sampel yang berjumlah 25 orang mitra yang berdomisili di Kabupaten Kuantan Singingi. Maka penulis menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Data primer diperoleh dari 2 orang karyawan bagian pemasaran PT. JP Madania, dan 1 orang Pusat Informasi PT. JP Madania Pekanbaru, serta 25 orang mitra yang berdomisili di Kabupaten Kuantan Singingi, dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Data sekunder diperoleh dari buku-buku yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa bentuk kerjasama yang dilakukan PT. JP Madania Pekanbaru dengan mitranya adalah dengan membuat MoU, melakukan pembinaan dan pengawasan, serta memberikan fee/bonus kepada mitranya. Sementara kendala mitra dalam mendapatkan calon jamaah umrah adalah pesaing travel umrah lain, sumber daya manusia yang kebanyakan dari mitra tersebut belum pernah melaksanakan ibadah haji/umrah sehingga masyarakat belum yakin sepenuhnya terhadap apa yang disampaikan mitra dalam menarik calon jamaah umrah, dan mitra belum bekerja secara maksimal. Sedangkan upaya mitra dalam mendapatkan calon jamaah umrah masih sangat rendah. Menurut ekonomi Islam pelaksanaan kemitraan di PT. JP Madania Pekanbaru dalam menarik calon jamaah umrah sudah sesuai akad musyarakah yakni syirkah wujuh, yang dihimpun bukan modal dalam bentuk uang atau skill, melainkan dalam bentuk tanggung jawab atau kepercayaan terhadap mitranya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 17:45 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 17:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6838 |
Actions (login required)
View Item |