Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TANGGAPAN GURU MATA PELAJARAN TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 01 TAPUNG HULU

Yudi Chandra (2014) TANGGAPAN GURU MATA PELAJARAN TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 01 TAPUNG HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan guru mata pelajaran terhadap layanan bimbingan konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 01 Tapung Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran di SMA Negeri 01 Tapung Hulu yang berjumlah 28 orang. Kemudian, dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan teknik total sampling. Untuk mengetahui tanggapan guru mata pelajaran terhadap layanan bimbingan konseling maka penulis menggunakan teknik deskriftif kualitatif dengan persentase. Penelitian dilakukan selama dua bulan dengan teknik pengumpulan data yaitu, angket, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh gambaran bahwa upaya guru pembimbing dalam meningkatkan tanggapan guru mata pelajaran terhadap layanan bimbingan konseling berdasarkan hasil pengolahan angket prosentase yaitu 57% dapat dikatakan kedalam kategori baik dan akan mencapai sangat baik, jika guru pembimbing bias melaksanakan tugasnya secara optimal sesuai dengan profesionalitasnya sebagai guru pembimbing. Keberadaan guru pembimbing di sekolah sudah bias dikatakan baik, belum bias dikatakan sangat baik karena masih menimbulkan tanggapan guru mata pelajaran yang kurang baik. Hal ini disebabkan karena guru pembimbing mencampurkan profesinya antara tugas dengan tanggungjawabnya sebagai guru pembimbing dengan tugas lainnya, hal ini terkesan sangat kurang baik bagi guru mata pelajaran, sehingga hilang kepercayaan guru mata pelajaran terhadap keberadaan guru pembimbing. Ditambah lagi fatkor pengalaman masa lampau yang dialami guru mata pelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 01 Sep 2016 08:32
Last Modified: 01 Sep 2016 08:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item View Item