Muharnis (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI TUTOR TEMAN SEBAYA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 SUNGAI JALAU KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (70kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada awal penelitian ditemui bahwa rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi Tutor Teman Sebaya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi tutor teman sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Peneitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu:1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar pada tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah guru 1 orang dan jumlah siswa sebanyak 37 orang, yaitu 19 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi tutor teman sebaya yang akan diterapkan pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 004 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi, LKS, dan soal evaluasi. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan LKS digunakan untuk mengukur kekompakan siswa dalam berkelompok sedangkan soal evaluasi digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum tindakan sampai dilakukannya tindakan. Analisis data hasil belajar siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 37 orang siswa yaitu 16 orang siswa tuntas dan 21 siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan klasikal 43,24%. Setelah dilakukan tindakan, hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan individual yaitu 25 orang siswa tutas dan 12 orang siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasa secara klasikal 67,57%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan individual yaitu 32 orang siswa tuntas dan 5 orang siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 86,48%. Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi tutor teman sebaya pada mata pelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 02:47 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6771 |
Actions (login required)
View Item |