Fitriati (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERTANYAAN REKAYASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 013 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (26kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi perkembangan teknologi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 013 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar yang dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya Sebagian siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran, karena murid takut salah jika menjawab pertanyaan, murid kurang aktif, Siswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas, sebab hal ini terlihat bahwa dari 26 murid lebih dari 50% atau 13 murid jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, dan Hasil Belajar murid masih mencapai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu dengan persentase klasikal 35% dari jumlah murid 26 orang yang diperoleh dari hasil sebelum tindakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebagai subjek adalah kelas IV tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang sedangkan objek nya adalah penerapan strategi pembelajaran pertayaan rekayasa untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi perkemangan teknologi, penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa, sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai persentase klasikal 35%, angka ini belum mencapai nilai indikator keberhasilan, pada siklus I hasil belajar siswa meningkatkan dengan perolehan persentase klasikal 65%, angka ini juga belum mencapai nilai indikator keberhasilan, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sangat memuaskan dengan perolehan persentase klasikal 88%, angka ini telah melebihi nilai keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%. Artinya pada siklus II secara klasikal hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan. Maka Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran pertanyaan rekayasa dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 02:18 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6759 |
Actions (login required)
View Item |