Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP NEGERI “X” KEMPAS

Retno Umitri Windyarini (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP NEGERI “X” KEMPAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Guru disekolah dituntut untuk menjadi panutan yang baik bagi siswanya, ia harus memberikan cerminan bagaimana berperilaku yang baik karena keberhasilan belajar seorang siswa tidak terlepas dari keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang dipengaruhi oleh kedisiplinan. Kedisiplinan guru dapat mengubah tingkah laku peserta didik yang melakukan penundaan dalam menghadapi akademiknya (prokrastinasi akademik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kedisiplinan guru dengan prokrastinasi akademik pada Siswa. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang negatif antara persepsi siswa terhadap kedisiplinan guru dengan prokrastinasi akademik pada Siswa di SMP N “X” Kempas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatifyang menitik beratkan pada data kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka-angka. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 133 siswa dari kelas VII dan VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui dua skala yaitu skala persepsi siswa terhadap kedisiplinan guru dan skala prokrastinasi akademik.Data penelitian di analisis menggunakan Product Moment dari Pearson, yang menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi persepsi siswa terhadap kedisiplinan guru dengan prokrastinasi akademik adalah sebesar (r) = -0,498 dengan taraf signifikansi sebesar p= 0,000 (p≤ 0,01).Hal ini menujukan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yang artinya terdapat hubungan yang negatif antara persepsi siswa terhadap kedisiplinan guru dengan prokrastinasi akademik pada Siswa di SMP N “X” Kempas. Semakin positifpersepsi siswa terhadap kedisiplinan guru semakin rendahprokrastinasi pada siswa. Persepsi siswa terhadap kedisiplinan guru memberikan pengaruh terhadap prokrastinasi akademik pada siswa sebesar adjusted R² = 0,248(24,8%) sedangkan 75,2% lagi di pengaruhi oleh faktor lain. Kata-kunci : persepsi, kedisiplinan, prokrastinasi, siswa SMP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2016 16:49
Last Modified: 31 Aug 2016 16:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6707

Actions (login required)

View Item View Item