Retno Umitri Windyarini (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP NEGERI “X” KEMPAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (123kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (27kB) | Preview |
Abstract
Guru disekolah dituntut untuk menjadi panutan yang baik bagi siswanya, ia harus memberikan cerminan bagaimana berperilaku yang baik karena keberhasilan belajar seorang siswa tidak terlepas dari keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang dipengaruhi oleh kedisiplinan. Kedisiplinan guru dapat mengubah tingkah laku peserta didik yang melakukan penundaan dalam menghadapi akademiknya (prokrastinasi akademik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kedisiplinan guru dengan prokrastinasi akademik pada Siswa. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang negatif antara persepsi siswa terhadap kedisiplinan guru dengan prokrastinasi akademik pada Siswa di SMP N “X” Kempas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatifyang menitik beratkan pada data kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka-angka. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 133 siswa dari kelas VII dan VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui dua skala yaitu skala persepsi siswa terhadap kedisiplinan guru dan skala prokrastinasi akademik.Data penelitian di analisis menggunakan Product Moment dari Pearson, yang menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi persepsi siswa terhadap kedisiplinan guru dengan prokrastinasi akademik adalah sebesar (r) = -0,498 dengan taraf signifikansi sebesar p= 0,000 (p≤ 0,01).Hal ini menujukan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yang artinya terdapat hubungan yang negatif antara persepsi siswa terhadap kedisiplinan guru dengan prokrastinasi akademik pada Siswa di SMP N “X” Kempas. Semakin positifpersepsi siswa terhadap kedisiplinan guru semakin rendahprokrastinasi pada siswa. Persepsi siswa terhadap kedisiplinan guru memberikan pengaruh terhadap prokrastinasi akademik pada siswa sebesar adjusted R² = 0,248(24,8%) sedangkan 75,2% lagi di pengaruhi oleh faktor lain. Kata-kunci : persepsi, kedisiplinan, prokrastinasi, siswa SMP
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 16:49 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 16:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6707 |
Actions (login required)
View Item |