Ratih Rapika (2015) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PEMINATAN SAINS DISMA NEGERI 1 BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (75kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh konsep diri dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar peserta didik peminatan Sains di SMA Negeri 1 Bangkinang kota. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik peminatan sains yang berada di SMA Negeri 1 Bangkinang kota. Ketiga variabel penelitian ini diukur dengan menggunakan skala konsep diri dengan reliabilitas 0.887, skala kedisiplinan dengan reliabilitas 0.848 dan dokumentasi untuk variabel prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisis non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar peminatan Sains di SMA Negeri 1 Bangking Kota dengan r(-0.002) = 0.979 (p≥0.05), dan tidak ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik peminatan Sains di SMA Negeri 1 Bangking Kota dengan r (0.010) = 0.889 (p≥0.05). Artinya konsep diri yang tinggi tidak membuat prestasi belajar juga ikut tinggi dan kedisiplinan yang tinggi tidak membuat prestasi belajar ikut tinggi. Ini berarti bahwa tinggi rendahnya konsep diri dan kedisiplinan tidak mempengaruhi prestasi belajar peserta didik di sekolah. Kata kunci: Prestasi Belajar, Konsep Diri, Kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 10:46 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 10:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6683 |
Actions (login required)
View Item |