Nursakina (2015) KOMPETISI ANTAR PENGUSAHA LOPEK BUGI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus Pada Lopek Bugi Desa Palung Raya Kecamtan Tambang Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (121kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Persaingan Antar Pengusaha Lopek Bugi Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Lopek Bugi Desa Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar)” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan yang terjadi antara pengusaha lopek bugi di Desa Palung Raya sehingga pengusaha dalam menarik konsumen yang datang ditentukan oleh pelayanan dan strategi-strategi persaingan tersendiri untuk menarik pelanggan. Hal inilah yang menarik peneliti untuk melakukan penelitian di Desa Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi persaingan antar pengusaha lopek bugi di Desa Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Dan tinjauan Ekonomi Islam tentang Strategi persaingan antar pengusaha lopek bugi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi persaingan antar pengusaha lopek bugi Desa Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, dan untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Islam tentang Strategi persaingan antar pengusaha lopek bugi tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha lopek bugi yang berjumlah 22 orang dan konsumen lopek bugi. Dalam menentukan sampel, penulis mengambil seluruh pengusaha lopek bugi yang bejumlah 22 orang dengan menggunakan metode total sampling dan 15 orang konsumen dengan menggunakan metode accidental sampling. Dalam penentuan pengumpulan data, penulis menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumemtasi yang diambil dari lokasi penelitian. Analisa penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisa Deskriptif Kualitatif, dan metode penulisan menggunakan metode deduktif dan induktif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha dan konsumen lopek bugi. Sedangkan yang menjadi objek adalah persaingan antar pengusaha lopek bugi. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persaingan antar pengusaha lopek bugi yaitu dalam bentuk persaingan produk, persaingan harga, persaingan dalam bentuk pelayanan dan persaingan dalam memasarkan produk lopek bugi sangatlah ketat, dimana persaingan yang sangat ketat menuntut para pengusaha lopek bugi untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam membuat produk lopek bugi yang berkualitas sehingga menarik minat konsumen atau pelanggan.Tinjauan Ekonomi Islam terhadap persaingan antar pengusaha lopek bugi di Desa Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tidak ada praktek yang melanggar syariat yang dilakukan pengusaha lopek bugi, upaya memposisikan produk dalam suatu usaha adalah suatu langkah yang baik. Sehingga diharapkan kedepannya bisa menciptakan kualitas dan kepuasan dari usaha lopek bugi tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 14:49 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 14:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6594 |
Actions (login required)
View Item |