Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Langsung Dengan Menggunakan Permainan Kotak Untuk Meningkatkan Maharoh Kalam Pada Siswi Kelas 12 Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Imam Ibnu Katsir Pekanbaru Riau. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

SRI RAHAYU, SR (2023) Penerapan Metode Langsung Dengan Menggunakan Permainan Kotak Untuk Meningkatkan Maharoh Kalam Pada Siswi Kelas 12 Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Imam Ibnu Katsir Pekanbaru Riau. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
Sri Rahayu - Tanpa Bab IV (1).pdf

Download (27MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sri Rahayu - Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas metode langsung dengan permainan kotak untuk meningkatkan maharoh kalam pada siswi kelas 12 madrasah aliyah pondok pesantren imam ibnu katsir pekanbaru riau. (2) sejauh mana tingkat keefektivitasan metode langsung dengan menggunakan permainan kotak untuk meningkatkan maharoh kalam pada siswi kelas 12 madrasah aliyah pondok pesantren imam ibnu katsir pekanbaru riau. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas control dan kelas eksperimen. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi dan tes(pretast dan posttest) Hasil dari penelitian ini adalah : (1) bahwa penerapan metode langsung dengan menggunakan permainan kotak untuk meningkatkan maharoh kalam pada siswi kelas 12 madrasah aliyah pondok pesantren imam ibnu katsir pekanbaru riau maka terlihat hasil ujian menunjukkan bahwa hasil dari Thitung adalah 7,5 lebih besar dari Ttabel yaitu 1% = 2,70 dan 5%= 2,02. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan artian bahwa penerapan metode langsung dengan menggunakan permainan kotak efektik untuk meningkatkan maharoh kalam. Dan begitu juga dengan hasil observasi penerapan metode langsung dengan permainan kotak mendapkan nilai 89,5% dengan arti “baik sekali” karna terletak pada taraf sinifikan 80%-100% Maka hasil nya adalah penerapan metode langsung dengan permainan kotak efektif untuk meningkatkan maharoh kalam pada siswi kelas 12 madrasah aliyah pondok pesantren imam ibnu katsir pekanbaru riau (2) Bahwa nilai N-gain score = 0,6, dan nilai 0,6 ini menunjukkan bahwa berdasarkan tabel N-gain score efektivitas penerapan metode langsung dengan menggunakan permainan kotak untuk meningkatkan maharoh kalam adalah “baik”. Sedangkan nilai berdasarkan persentase nya adalah 66,5% yang menunjukkan bahwa efektivitas penerapan metode langsung dengan menggunakan permainan kotak untuk meningkatkan maharoh kalam pada siswi kelas 12 madrasah aliyah pondok pesantren imam ibnu katsir pekanbaru riau”cukup efektif”.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:55
Last Modified: 27 Jan 2023 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65823

Actions (login required)

View Item View Item