Yuliana (2015) PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Dr. Laundry di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul: PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Dr. Laundry di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru). Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan penulis tentang seberapa besar pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam peningkatan pelayanan agar dapat memberikan kepuasan pelanggan yang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Dr.Laundry di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru. Bagaimana bentuk- bentuk pelayanan Dr. Laundry di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru, dan Bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang Pengaruh pelayanan dan kepuasan pelanggan Dr. Laundry di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Dr. Laundry di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru. Untuk Mengetahui bagaimana bentuk-bentuk pelayanan Dr. Laundry di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru. Dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang hubungan antara pelayanan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Dr. Laundry di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa Dr. Laundry pada bulan Desember tahun 2014 yang berjumlah 450 konsumen dan sampelnya penulis mengambil sebanyak 10% yaitu sebanyak 45 konsumen dengan menggunakan metode insidental sampling. dalam pengumpulan data, menggunakan observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Dr.Laundry. hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi sebesar 0,841. Besarnya koefisien determinasinya adalah sebesar 0,707 mengandung pengertian bahwa pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 71% sedangkan 29% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung (10,180) > t tabel (2.01669) dengan signifikansi 0.000 < 0.05. Artinya menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Bentuk-bentuk pelayanan yang di berikan dr. laundry adalah pelayanan kilat, pelayanan one day service, pelayanan pemilihan parfum, pelayanan antar jemput gratis, pelayanan harga murah dan pelayanan fasilitas fisik. Selanjutnya apabila di tinjau menurut ekonomi Islam pelayanan yang diberikan oleh Dr. laundry sesuai dengan prinsip Islam, baik dari segi tangible (bukti fisik), realibility (kehandalan), responsivennes ( daya tanggup), Asurance ( jaminan), dan empaty (empati/perhatian).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 07:27 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6578 |
Actions (login required)
View Item |