Ukhti Humaidah (2015) STRATEGI PENGEMBALIAN KEPERCAYAAN PELANGGAN BAKSO MATARAM CABANG PANAM PASCA ISU NEGATIF DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ukhti.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ukhti.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ukhti.pdf Download (92kB) | Preview |
|
Text
BAB IV ukhti.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
|
Text
BAB V ukhti.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya isu negatif yang tersebar di Bakso Mataram mengenai bakso daging tikus yang menyebabkan Bakso Mataram mengalami sedikit penurunan pendapatan dan yang biasa setiap harinya dari pagi sampai malam selalu ramai pelanggannya menjadi telihat agak sepi. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Apa strategi Pengembalian Kepercayaan Pelanggan Bakso Mataram Cabang Panam Pasca Isu Negatif dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap Strategi Pengembalian Kepercayaan Pelanggan Bakso Mataram Cabang Panam. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apa Strategi Pengembalian Kepercayaan Pelanggan Bakso Mataram Cabang panam dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap Strategi Pengembalian Kepercayaan Pelanggan Bakso Mataram Cabang Panam. Penelitian ini bersifat lapangan yang dilakukan pada Bakso Mataram Cabang Panam. Populasi dan sampel dalam penelitian ini pada adalah seluruh pemilik/pendiri dan pengelola Bakso Mataram serta karyawannya yang berjumlah 10 orang dan pelanggannya. Untuk pengambilan sampel dalam hal ini penulis menggunakan metode Purposive Sampling yaitu pemilihan subjek yang ada pada posisi terbaik untuk memberikan informasi yang dibutuhkan. Sampel ditetapkan yakni pimpinan, manajer dan 10 orang karyawan serta 2 orang pelanggan. Strategi pengembalian kepercayaan pelanggan Bakso Mataram dengan cara meyakinkan pelanggan bahwa isu negatif tentang daging tikus itu tidak benar, mengajak pelanggan turun langsung ke dapur, membuat pernyataan sanggahan bahwa berita tersebut tidak benar dan dengan cara melayani pelanggan dengan sangat ramah, sopan santun dan berusaha cepat dan tanggap serta sangat memperhatikan kualitas pelayanan. Bakso Mataram juga sangat memperhatikan kenyamanan tempat bagi pelanggan, sehingga pelanggan merasa nyaman dan puas berada di Bakso Mataram. Kenyamanan dan kepuasan pelanggan menyebabkan pelanggan percaya terhadap Bakso Mataram walaupun setelah beredarnya isu negatif tentang bakso daging tikus tidak mengurangi pelanggan Bakso Mataram dan tidak membuat pelanggan kabur. Tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pengembalian kepercayaan pelanggan adalah Bakso Mataram telah sesuai dengan prinsip syariah yaitu mengutamakan cara dan proses yang benar dan apabila melayani pelanggan menunjukkan sikap respek, sopan santun dan lemah lembut sehingga meningkatkan persepsi positif dan nilai bagi konsumen/pelanggan dan akan meningkatkan kepercayaan, rasa aman, bebas dari resiko atau bahaya, sehingga membuat konsumen/pelanggan merasakan kepuasan dan akan percaya dengan kualitas Bakso Mataram. seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Ali Imran (3) : 159, yang menjelaskan bahwa setiap manusia dituntunkan untuk berlaku lemah lembut agar orang lain merasakan kenyamanan bila berada disampingnya. Apalagi dalam pelayanan yang mana konsumen banyak pilihan, bila pelaku bisnis tidak mampu memberikan rasa aman dengan kelemah- lembutannya maka konsumen akan berpidah ke perusahaan lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 09:00 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6530 |
Actions (login required)
View Item |