Desy Mulya Sary (2014) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN TRIAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (39kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 020 Pekanbaru dengan penerapan Teknik Pembelajaran Triad. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan Teknik Pembelajaran Triad untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 020 Pekanbaru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Pembelajaran Triad dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga, yaitu lembar pengamatan yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa, tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui profil sekolah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 13 orang siswa atau dengan persentase 48,15%, siklus I siswa yang tuntas secara keseluruhan meningkat menjadi 18 orang siswa atau dengan persentase 66,67%, dan pada siklus II siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 24 orang siswa atau dengan persentase 88,89%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan Teknik Pembelajaran Triad dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 020 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 07:46 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6520 |
Actions (login required)
View Item |