Rio Desra (2014) HUBUNGAN KELEKATAN (ATTACHMENT) TERHADAP GURU DENGAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA SMPIT AL-IHSAN BOARDING SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara ilmiah apakah ada hubungan antara kelekatan pada guru dengan motivasi menghafal al-Qur’an pada santri al-Ihsan Boarding School. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara kelekatan pada guru dengan motivasi menghafal al-Qur’an pada santri SMPIT al-Ihsan Boarding School. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 90 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan cluster random sampling dimana sampel diambil secara acak berdasarkan beberapa kelas yang ada di SMPIT al-Ihsan Boarding School. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala kelekatan yang memiliki koefisien reliabilitas (α) sebesar 0.938 dan skala motivasi memiliki koefisien reliabilitas (α) sebesar 0.890. Dari hasil uji hipotesis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.349 dengan taraf signifikansi 0.001. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terima, yaitu terdapat hubungan yang positif antara kelekatan yang dalam hal ini berupa Secure Attachment (kelekatan aman) terhadap guru tahfizh dengan motivasi ekstrinsik dalam menghafal al-Qur’an pada santri SMPIT al-Ihsan Boarding School.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Klinis dan Agama |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 20 Aug 2016 03:17 |
Last Modified: | 20 Aug 2016 03:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6370 |
Actions (login required)
View Item |