Ilfia Hidayati (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (58kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode SQ3R terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penerapan metode SQ3R (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel X (metode SQ3R) terhadap variabel Y (motivasi belajar siswa). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu yang berjumlah 193 orang, karena jumlah populasi terlalu banyak maka penulis mengambil sampel sebanyak 66 orang. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan korelasi product moment, serta penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode SQ3R terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu, dengan kontribusi metode SQ3R terhadap motivasi adalah 0,302 x 100% = 30,2% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Di mana ro (observasi) = 0,550, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,250 <0,550> 0,325, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 06:59 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 06:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6258 |
Actions (login required)
View Item |