HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN CROSSWORD PUZZLE DI SMAN 1 PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN

Zulkhai Efra Wanita, (2014) HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN CROSSWORD PUZZLE DI SMAN 1 PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Heads Together dengan menggunakan Crossword Puzzle pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMAN 1 Pangkalan Kuras. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design, jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 (eksperimen) berjumlah 36 dan kelas XI IPA 3 (kontrol) berjumlah 34. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis (pre-test dan post-test), dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan test-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesudah penggunaan model pembelajaran kooperatif Number Heads Together dengan menggunakan Crossword Puzzle, kualitas hasil pembelajaran lebih meningkat. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,86 dan ttabel = 1,67 yang menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan rumus N-gain, dimana didapatkan N-gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen adalah 0,78 yang termasuk kategori tinggi dan N-gain hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 0,71 yang termasuk kategori tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Number Heads Together, Crossword Puzzle, Hasil Belajar, Koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Aug 2016 06:56
Last Modified: 05 Aug 2016 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6257

Actions (login required)

View Item View Item