Ismail (2014) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SHARE ONE GET ONE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 TANJUNG SIMPANG KECAMATAN PELANGIRAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir melalui teknik pembelajaran share one get one. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah teknik pembelajaran share one get one dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 26 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran share one get one untuk meningkatkan hasil siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berhasilnya penerapan teknik pembelajaran share one get one pada mata pelajaran PKn, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Hal ini terlihat bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat dari 46,15% atau mencapai 12 orang siswa yang tuntas pada sebelum tindakan, pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 84,64% atau sekitar 22 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan teknik pembelajaran share one get one dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 03:04 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6214 |
Actions (login required)
View Item |