HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING DI SMAN 5 PEKANBARU

Yogi Chandra, (2014) HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING DI SMAN 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia di SMAN 5 Pekanbaru yang masih rendah, siswa cenderung bersikap pasif, malu bertanya kepada guru dan kurangnya kerja sama antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia di kelas XI IPA SMAN 5 Pekanbaru dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing pada Pokok Bahasan Asam dan Basa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru, Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPA-3, XI IPA-4, XI IPA-5 dan XI IPA-6. Tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA-5 dan XI IPA-6, dimana kelas XI IPA-5 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing dan kelas XI IPA-6 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari ranah kognitif setelah diadakan perlakuan, dari nilai N-gain ternormalisasi (N-Gain) kelas eksperimen termasuk kedalam kategori tinggi yaitu sebesar 0,75 sedangkan di kelas kontrol termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,69. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test Related Sampel. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 5,33 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dari ranah kognitif. Kata kunci : Hasil Belajar, Kancing Gemerincing , Asam dan Basa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Aug 2016 02:57
Last Modified: 02 Aug 2016 02:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6102

Actions (login required)

View Item View Item