Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS MEDIA PERMAINAN “TARTIBUL JUMAL” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BANGKINANG

Siti Aisyah STP (2014) EFEKTIFITAS MEDIA PERMAINAN “TARTIBUL JUMAL” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas media permainan terhadap kemampuan menulis antara siswa yang diajar dengan menggunakan media permaianan “tartibul jumal” dan siswa yang diajar tanpa menggunakan media permainan “tartibul jumal” dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bangkinang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bangkinang. Objek dalam penelitian ini adalah efektivitas media permainan tartibul jumal untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada pembelajaran bahasa Arab . Penelitian ini menggunakan Tes dan Observasi dalam pengumpulan data. Tes tersebut dilaksanakan sebelum menggunakan media permaianan eksperimen (tartibul jumal) dan sesudah menggunakan media permainan tersebut, dan Pengamatan dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung . Adapun hasil penelitian ini adalah media permainan tartibul jumal efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bangkinang Kabupaten Kampar, karena Nilai To = 4,79 lebih besar dari T pada taraf signifikan 5% = 2,04 dan pada taraf signifikan 1% = 2,66. Serta dilihat dari data pengamatan diperoleh hasil 65,80 % (baik/efektif) karena pada taraf 61-80% adalah baik. Hal ini menunjukkan bahwa Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho(hipotesis nihil) ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 31 Jul 2016 19:02
Last Modified: 31 Jul 2016 19:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6074

Actions (login required)

View Item View Item