PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MENGGUNAKAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS X SMA NEGERI 7 PEKANBARU

Indah Saputri, (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MENGGUNAKAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS X SMA NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa yang belum maksimal. Untuk itu peneliti menerapkan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) dengan menggunakan Talking Stick. Strategi pembelajaran ETH dengan menggunakan Talking Stick ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas X SMA Negeri 7 Pekanbaru. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran ETH dengan menggunakan Talking Stick dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak tujuh kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran ETH dengan menggunakan Talking Stick dan dua pertemuan untuk pretest dan posttest. Untuk melihat peningkatan hasil belajar kimia siswa dilakukan uji t-test. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung 6,94 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel 1,67, maka thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur dengan penerapan strategi pembelajaran ETH dengan menggunakan Talking Stick di kelas X SMA Negeri 7 Pekanbaru. Dimana peningkatan hasil belajar siswa dengan gain ternormalisasi didapat 0,76 dengan kategori tinggi pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol didapat gain ternormalisasi sebesar 0,53 pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 31 Jul 2016 06:59
Last Modified: 31 Jul 2016 06:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6056

Actions (login required)

View Item View Item