Dian Sebrianto (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE MEMPERTIMBANGKAN KEMBALI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IVD SEKOLAH DASAR NEGERI 176 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (62kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode mempertimbangkan kembali pada pelajaran Ilmu Pengetahun Sosial kelas IVD Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode mempertimbangkan kembali pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IVD materi kenampakkan alam, sosial, dan budaya SDN 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru ? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVD Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru yang berjumlah 35 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode mempertimbangkan kembali untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Variable dalam penelitian ini yaitu: 1) penerapan metode mempertimbangkan kembali, dan 2) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat setelah penerapan metode mempertimbangkan kembali, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 42.87% atau 15 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 25 orang atau ketuntasan hanya mencapai 71.43%. pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 29 orang siswa atau dengan persentase 83.00%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapam metode mempertimbangkan kembali dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi kenampakan alam, social, dan budaya di kelas IVD SDN 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 21:43 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 21:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6028 |
Actions (login required)
View Item |