PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN BEREMPATI GURU PEMBIMBING DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Ratna Dewi, (2014) PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN BEREMPATI GURU PEMBIMBING DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang kemampuan berempati guru pembimbing dalam layanan konseling individual. Dari pengamatan awal di lapangan, peneliti menemukan gejala-gejala sebagai berikut: (1) Masih ada siswa kurang berminat untuk berkonsultasi dengan guru pembimbing karena takut permasalahannya diketahui oleh orang lain. (2) Masih ada siswa yang kurang berminat untuk berkonsultasi dengan guru pembimbing karena mereka takut dimarahi. (3) Masih ada siswa beranggapan bahwa guru pembimbing tidak bisa merasakan apa yang mereka rasakan. (4) Masih ada siswa berfikir bahwa guru pembimbing hanya bisa memarahi ketika siswa mengalami masalah di dalam belajar. (5) Masih ada siswa beranggapan bahwa guru pembimbing tidak ada rasa saling berbagi kepada siswa yang bermasalah. (6)Masih ada siswa beranggapan bahwa guru pembimbing tidak bisa menghargai dan memahami permasalahan yang dihadapinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Tambang yang pernah mengikuti layanan konseling individual. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah persepsi siswa tentang kemampuan berempati guru pembimbing dalam layanan konseling individual. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, setelah dilakukan pengambilan sampel 50% dengan cara random sampling (pengambilan sampel secara acak ) maka didapatlah sampel sebanyak 30 siswa. Untuk pengumpulan data digunakan angket, data angket dianalisis dengan persentase yang kemudian disimpulkan secara deskriptif kuantitatif dan ditambah dengan wawancara terhadap guru pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kemampuan berempati guru pembimbing dalam layanan konseling individual tergolong dalam kategori “positif”. Karena angka persentase yang diperoleh adalah 67,77% yang terletak pada kategori 61-80% (positif). Kata kunci : Persepsi, Kemampuan Berempati, Konseling Individual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 20:46
Last Modified: 30 Jul 2016 20:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5998

Actions (login required)

View Item View Item