Septia Wahyu Ningsih (2014) PENERAPAN STRATEGI BERIKAN UANGNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV A SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (70kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mendeskripsikan Penerapan Strategi Berikan Uangnya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru”, adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan Strategi Berikan Uangnya dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu guru yang berperan langsung dalam proses belajar mengajar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV A, sedangkan objeknya adalah Penerapan Strategi Berikan Uangnya dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Adapun siswa dari penelitian ini adalah siswa yang hasil belajarnya rendah yaitu siswa kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru yang berjumlah 46 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hasil ini dapat dilihat dari persentase keberhasilan belajar siswa yaitu sebelum tindakan sebanyak 19 siswa ( 41,03%), siklus I meningkat sebanyak 26 siswa (56,52%), dan siklus II sebanyak 39 siswa (84,78%) yang lulus KKM. Selain itu nilai Lembar Kerja Siswa (LKS) juga terlihat peningkatannya yaitu pada LKS 1 siklus I yang tuntas sebanyak 22 siswa dan nilai LKS 2 siklus I yang tuntas sebanyak 32 siswa. Pada nilai LKS 1 siklus II yang tuntas menjadi sebanyak 35 siswa dan pada nilai LKS 2 siklus II yang tuntas menjadi 44 siswa. Karena lebih 75% dari jumlah seluruh siswa telah tuntas hasil belajarnya maka tindakan penelitian ini dipandang telah berhasil. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Strategi Berikan Uangnya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 18:09 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 18:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5953 |
Actions (login required)
View Item |