Sari Wahyuni (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PASANG BAGI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI PEMERINTAHAN DESA PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 01 RUMBAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (25kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (5kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi pemerintahan desa melalui Strategi Pembelajaran pasang bagi kelas IV MI Muhammadiyah 01 Rumbai Pekanbaru. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan selama ini, penulis menemukan gejala-gejala rendahnya aktivitas belajar siswa di dalam proses pembelajaran, diantaranya: siswa kurang aktif dalam menjawab pertanyaan guru, kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis, hal ini dapat dilihat ketika guru memberi suatu permasalahan untuk diselesaikan, siswa banyak yang diam dan tidak memberikan jawaban, kemudian tidak adanya kreativitas siswa dalam belajar misalnya memberikan tanggapan atau sanggahan yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi globalisasi melalui strategi pembelajaran pasang bagi kelas IV MI Muhammadiyah 01 Rumbai Pekanbaru. Rumusan penelitian yaitu apakah penerapan strategi pembelajaran pasang bagi dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV Sekolah MI Muhammadiyah 01 Rumbai Pekanbaru?. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MI Muhammadiyah 01 Rumbai, dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran pasang bagi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah 01 Rumbai. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan. Observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab sebelumya bahwa sebelum tindakan aktivitas siklus I pertemuan I sebesar 75% dengan kategori “baik”untuk pertemuan II 83% sebesar dengan katagori “baik” dan siklus II pertemuan I sebesar 89% dengan kategori “baik sekali” , pertemuan II sebesar 94% dengan katagori “baik sekali” berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan strategi pembelajaran pasang bagi dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas kelas IV MI Muhammadiyah 01 Rumbai Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 14:00 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 14:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5942 |
Actions (login required)
View Item |