Warni (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PERAN FIGUR (ROLE MODELS) PADA SISWA KELAS VB MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (35kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan Strategi Figur-Figur Peran (role models) pada mata pelajaran IPS di kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di temui beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Sekitar 13 orang siswa dari 22 orang atau 60% tidak bisa menyelesaikan soal tes yang dilakukan oleh guru tepat pada waktu yan telah ditentukan. Dari evaluasi yang dilakukan hanya 7 siswa atau 37% dari seluruh siswa yang berjumlah 22 orang mencapai nilai ketuntasan kriteria minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah yaitu 70. Dari 22 orang siswa hanya 6 siswa atau sekitar 30% saja yang dapat menjawab pertanyaan guru dengan baik dan benar ketikag dilakukan free test. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah penggunaan strategi figur-figur peran (role models) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru? Tujuan penelitian yang akan di teliti adalah: untuk mengetahui penggunaan strategi figur-figur peran (role models) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan Siswa Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru sebanyak 22 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan figurfigur peran (role models) yang dilaksanakan berdasarkan langkah-langkah pelaksanaannya. Berdasarkan hasil penelitian diproleh ketuntasan hasil belajar siswa sebelum diterapkan Strategi Figur-Figur Peran (role models) sebesar 52.38 atau dengan kategori kurang, pada siklus I sebesar 65,24 dengan kategori “cukup” pada siklus II sebesar 74,76 dengan kategori “baik”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 13:57 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 13:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5940 |
Actions (login required)
View Item |