PENGARUH PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BOWLING KAMPUS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMAN 10 PEKANBARU

Dwi Ratnawati, (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BOWLING KAMPUS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMAN 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMAN 10 Pekanbaru yang belajar menggunakan Metode Penemuan Terbimbing dalam Tatanan pembelajaran Kooperatif Tipe Bowling Kampus dengan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMAN 10 Pekanbaru yang belajar menggunakan Metode Penemuan Terbimbing dalam Tatanan pembelajaran Kooperatif Tipe Bowling Kampus dengan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 4 kelas siswa kelas XI IPS SMAN 10 Pekanbaru tahun ajaran 2013/ 2014 sebanyak 293 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3, dimana kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan strategi belajar tipe Bowling Kampus dengan Metode penemuan Terbimbing dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini guru yang berperan sebagai observer dan peneliti sebagai guru dalam proses pembelajaran ini. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi belajar tipe Bowling Kampus dengan Metode Penemuan Terbimbing, dua pertemuan lagi dilaksanakan untuk pretest dan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Square untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMAN 10 Pekanbaru yang belajar menggunakan strategi belajar tipe Bowling kampus dengan metode penemuan terbimbing dengan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan dapat dilihat dari mean kelas eksperimen sebesar 84,81 yang lebih tinggi dari mean kelas kontrol yaitu sebesar 71,97. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar tipe Bowling kampus dengan metode penemuan terbimbing memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPS SMAN 10 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 13:49
Last Modified: 30 Jul 2016 13:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5937

Actions (login required)

View Item View Item