Nia Junita (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI AKU JUGA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 021 AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (5kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkat melalui strategi aku juga pada siswa kelas II SD Negeri 021 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 021 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu kekmampuan berbicara (y) dan strategi aku juga (x). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus.Adapun jumlah pertemuan setiap siklus yaitu 2 kali sehingga seluruh pertemuan bejumlah 4 kali. Tiap-tiap siklus akan dilaksanakan sesuai dengan perubahan atau perbaikan yang ingindicapai. Setiap siklus terdiri dari atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Strategi Aku Juga Siswa Kelas II SD Negeri 021 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yang diajarkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 021 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Hal ini dapat diketahui dari presentase yang diperoleh sebelum diadakan tindakan yaitu sebesar 68,65%. Kemudian pertemuan pertama sesudah tindakan I adalah sebesar 78,39% dan pertemuan kedua sebesar 82,39%. Sedangkan pada siklus II (sesudah tindakan II) terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari sebesar 85,35% pada pertemuan pertama dan 90,04% pada pertemuan kedua. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I petemuan pertama sebesar 62,5% dan pertemuan kedua sebesar 75% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas II SD Negeri 021 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar setelah tindakan I dan II juga mengalami peningkatan yang relatif signifikan. Hasil rata-rata aktivitas siswa setelah diadakan tindakan I pada pertemuan I sebesar 85,10% dan pada pertemuan kedua setelah diadakan tindakan II pertemuan I sebesar sebesar 95,66% dan pada pertemuan kedua setelah diadakan tindakan II sebesar 98,14%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 03:59 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 03:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5923 |
Actions (login required)
View Item |