Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Kerja kelompok dengan Bantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau.

Sri Nur Humairoh, - (2022) Penerapan Metode Kerja kelompok dengan Bantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version

Download (736kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sri Nur Humairoh, (2021): Penerapan Metode Kerja kelompok dengan Bantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan metode Kerja kelompok untuk meningkatkan kemampuan daya ingat siswa pada tema udara bersih bagi kesehatan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 20 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau. Objek dalam penelitian ini adalah metode Kerja kelompok dan kemampuan daya ingat siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode Kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan daya ingat Siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai kemampuan daya ingat siswa rata-rata mencapai 49% dengan kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan dengan metode Kerja kelompok pada siklus I, nilai kemampuan daya ingat siswa sedikit lebih meningkat dengan rata-rata mencapai mencapai 56% dengan kategori kurang, kemampuan daya ingat siswa sudah mulai meningkat namun masih belum mencapai indikator yang diharapkan, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan daya ingatsiswa meningkat dengan rata-rata 81% dengan kategori cukup. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan daya ingat siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau. Kata Kunci: Metode Kerja kelompok, Kemampuan Daya Ingat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:13
Last Modified: 04 Feb 2022 01:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59075

Actions (login required)

View Item View Item