Elsa Pita Fitria (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa yang masih rendah di MTs Darul Hikmah Pekanbaru, dengan rumusan masalahnya yaitu: “Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru?’. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest -Postest Control Group Design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 963 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII, dengan kelas VIIA3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas VIIA2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data dan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Sehingga diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,72 > 2,00) dan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol (82,75 > 76,68). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya perbedaan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di MTs Darul Hikmah Pekanbaru, hal ini terlihat dari mean kelas eksperimen yang lebih tinggi dari mean kelas kontrol menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 05:16 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 05:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5868 |
Actions (login required)
View Item |