PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MAN 1 RAMBAH PASIR PENGARAYAN KABUPATEN ROKAN HULU

Hasniati, (2014) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MAN 1 RAMBAH PASIR PENGARAYAN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dalam penerapan pembelajaran kooperatif dengan mengunakan teknik tari bambu terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif teknik tari bambu terhadap pemecahan masalah matematika siswa MAN 1 Rambah Pasir Pengarayan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 54 orang, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X1 dan X3. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui sejarah sekolah, keadaan guru dan siswa, sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Sedangkan test dipergunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa pemecahan masalah matematika siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif teknik tari bambu lebih baik dari pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari perhitungan dengan menggunakan test t, bahwa harga thitung yaitu 3,34 lebih besar dari taraf signifikan 5% 3,34>2,01 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik tari bambu berpengaruh terhadap pemecahan masalah matematika siswa MAN 1 Rambah Pasir Pengarayan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Jul 2016 01:29
Last Modified: 29 Jul 2016 01:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item View Item