Arpa Nela (2014) PENERAPAN STRATEGI PURPOSE OVERVIEW INTERPRET NOTE AND TEST (POINT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 028 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada cerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan Strategi Purpose Overview Interpret Note and Test (POINT). Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan membaca pemahaman pada cerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan dengan penerapan Strategi Purpose Overview Interpret Note and Test (POINT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Purpose Overview Interpret Note and Test (POINT) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Strategi Purpose Overview Interpret Note and Test (POINT) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada cerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 56,3% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 56,3% berada pada rentang 55% - 69%. Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong “Kurang Mampu”, karena 66,7% berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 81.3% dengan ketegori “Sangat Mampu”, karena sebagian siswa berada pada rentang 80%-100%. Artinya kemampuan siswa kelas V meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 01:15 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 01:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5840 |
Actions (login required)
View Item |