SHINTARO JAVATRA BINTANG, - (2021) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Shintaro Javatra Bintang (2021): Pengaruh Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi ketika pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 8 Pekanbaru yang berjumlah 97 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 97 orang siswa. Objek penelitian adalah pengaruh penggunaan e-learning berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebelum digunakan, angket terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji analisis diperoleh Thitung > Ttabel (5,174 > 1,98525) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan e-learning berbasis Moodle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 8 Pekanbaru. Besarnya pengaruh penggunaan media e-learning berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 22%. Sedangkan sisanya sebesar 78% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, E-learning, Moodle, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 03:07 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 03:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57160 |
Actions (login required)
View Item |