Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Aktivitas Sosial PT. Andalan Multi Paper Dalam Membantu Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak

Susilawati, - (2021) Aktivitas Sosial PT. Andalan Multi Paper Dalam Membantu Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUSILAWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah salah satu PT yang bergerak dibidang Industry pengelolahan karton kor yang diolah menjadi kemasan papan telor yang berada di Kelurahan Minas Jaya Kecamatan Minas Kabupaten Siak. Para karyawan yang bekerja pada usaha ini merupakan masyarakat umum yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan tetap. PT Andalan Multi Paper selain menerima karyawan sekitar, juga menerima karyawan tidak tamat sekolah, maupun yang tidak sekolah. Selagi masyarakat itu sanggup dan kuat dalam bekerja, PT Andalan Multi Paper mau menerima dan membantu masyarakat dalam melatih kemampuan, kepandaian, dan membuat mereka menjadi mandiri sehingga terbantunya perekonomian mereka. Adapun tujuan dalam penelitian ialah untuk mengetahui Aktivitas Social PT Andalan Multi Paper dalam membantu ekonomi masyarakat di Kelurahan Minas Jaya. Terdapat partisipasi dalam memproduksi kemasan papan telor, terdapat kegiatan yang saling bekerja sama sehingga pembuatan kemasan papan telor bisa mencapai target sesuai dengan yang dinginkan perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori bimbingan konseling Islam oleh Samsul Munir Amin. Berdasarkan wawancara ditemukan adanya fenomena aktivis social yang sedang berlangsung dalam pembuatan kemasan papan telor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan informan berjumlah 4 orang, 2 sebagai informan kunci. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT Andalan Multi Paper telah membantu masyarakat sekitar baik dari segi ekonomi, Sosial maupun budaya. Adanya pelatihan bimbingan, yang diberikan oleh PT Andalan Multi Paper kepada masyarakat yang baru saja bekerja sehingga masyarakat yang baru saja bekerja bisa mendapatkan kepandaian, kemampuan, dan keterampilan membuat mereka mandiri mengenali jati dirinya yang awalnya tidak bisa, menjadi bisa dalam melakukan suatu pekerjaan sehingga mereka menjadi mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Oct 2021 06:36
Last Modified: 26 Oct 2021 06:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55640

Actions (login required)

View Item View Item