MOTIVASI SISWA-SISWI DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Zulkifli, (2014) MOTIVASI SISWA-SISWI DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Motivasi erat sekali hubungannya dengan tujuan yang akan dicapai. Perhatian, minat, bakat dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam belum sesuai dengan apa yang diharapkan, prestasi siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam banyak yang menurun, serta kurang gairahnya siswa dalam belajar Pendidikan agama Islam, penulis menduga bahwa permasalahan tersebut di atas erat kaitannya dengan motivasi siswa yang dilakukan dalam proses belajar mengajar. Untuk itu penulis ingin melihat dari dekat dengan mengadakan penelitian yang berjudul “MOTIVASI SISWA-SISWI DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU”. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana motivasi siswa-siswi dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Rambah kecamatan Rambah dan apa faktor yang mempengaruhi motivasi siswa-siswi dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Rambah Kecamatan Rambah. Penelitian yang dipakai dalam penulisan ini tergolong kepada penelitian normatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan angket. Oleh karena itu perlu diungkapkan bagaimana motivasi dan faktor yang mempengaruhi motivasi siswa-siswi dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Rambah Kecamatan Rambah. Dengan demikian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. Berdasarkan analisa data yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa-siswi dalam belajar Pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Rambah Kecamatan Rambah adalah cukup baik. Hal ini terlihat dari dari angka persentase rata-rata kualitatif motivasi belajar siswa-siswi secara kumulatif sebesar 58 %. Faktor yang menjadi penghambat agar motivasi belajar lebih baik di antaranya disebabkan oleh adanya penyajian kegiatan belajar yang monoton begitu saja, yang mengakibatkan perhatian dan motivasi siswa terhadap materi pelajaran, guru dan sekolah menjadi terhambat, serta kurangnya kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:13
Last Modified: 13 Jun 2016 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item