Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DECISION MAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV D SEKOLAH DASAR NEGERI 42 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU

Nurhasanah (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DECISION MAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV D SEKOLAH DASAR NEGERI 42 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Decision Making dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Sekolah Dasar Negeri 42 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru, dirumuskan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Decision Making dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 42 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVD tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Decision Making untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Decision Making pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 17 orang (56,67) siswa yang tuntas, sedangkan 13 orang siswa (43,33%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 21 orang (70%) siswa yang tuntas. Sedangkan 9 orang siswa (30%) belum tuntas. Pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar (83,33%) atau sekitar 25 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:45
Last Modified: 13 Jun 2016 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5382

Actions (login required)

View Item View Item