PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 2 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Siti Nordiyanti, (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 2 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran Accelerated Learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMAN 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Accelerated Learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMAN 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Accelerated Learning dan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 2 Siak Hulu tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 1027 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X5 dan X6, di mana kelas X6 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Accelerated Learning dan kelas X5 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan mengadakan pretest, empat kali pertemuan menerapkan metode pembelajaran Accelerated Learning dan satu kali mengadakan post-test. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai hasil belajar matematika siswa dilakukan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai t hitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung adalah 3,47 dan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu thitung > ttabel karena 3,47 > 2,00 , sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran Accelerated Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen yang lebih tinggi dari mean kelas kontrol menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Accelerated Learning memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa SMAN 2 Siak Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:30
Last Modified: 07 Jun 2016 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5219

Actions (login required)

View Item View Item