PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TRI BHAKTI PEKANBARU

Balkis Saputri, (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TRI BHAKTI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatar belakangi oleh keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Tri Bhakti Pekanbaru pada pokok bahasan Termokimia yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA di SMA Tri Bhakti Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving pada pokok bahasan termokimia. Penelitian ini dengan rancangan pretest dan posttest, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Tri Bhakti Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan uji bartlet, diperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu struktur atom, sistem periodik dan ikatan kimia, dokumentasi, dan observasi keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,69 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,99 menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk besarnya peningkatan koefesien pengaruh (Kp) adalah 15%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kritis, Termokimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:02
Last Modified: 07 Jun 2016 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5190

Actions (login required)

View Item View Item